SIMFes 2011

08/12/10

pembukaan SIMFes 2010

SIMFes 2010 Resmi Dibuka

Oleh: Maghriza Novita Syahti

Sabtu, 04 Desember 2010 | 00:55:00 WIB

SIMFes 2010 Resmi Dibuka
SIMFes 2010 Resmi Dibuka: Walikota Sawahlunto, Amran Nur, bersama kurator, Dr. Hiltrud Corde, memukul 'gandang batang karambia
' menandakan SIMFes 2010 resmi dibuka. (foto: opie)
Sawahlunto International Music Festival (SIMFes) 2010 telah dibuka Jumat (3/12) malam ini. Iven ini digelar selama tiga hari, sejak 3 hingga 5 Desember 2010. SIMFes diadakan di Museum Goedang Ransoem, Sawahlunto.


Iven multikultural festival bertaraf internasional ini memeriahkan perayaan 122 tahun usia kota arang itu. Dalam kegiatan tersebut berkumpul para musisi dan budayawan asal nasional maupun internasional.


Acara pembukaan dimulai pada pukul 20.25 WIB. Dalam acara ini hadir Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto, Ketua DPRD, kurator SIMFes, dan banyaktamu undangan lainnya. Peserta yang mengikuti SIMFes 2010 ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan tak sedikit yang datang dari luar negeri.


Dalam sambutannya, para kurator, Edy Utama dan Dr. Hiltrud Cordes, berharap SIMFes diadakan berkelanjutan, setahun sekali. Walikota Sawahlunto pun menyambut baik. Dalam sambutannya disampaikan bahwa DPRD Sawahlunto telah menyetujui untuk diadakannya SIMFes 2011. 

"Sebenarnya, kami ingin mengikutsertakan lima benua dalam iven ini. Namun, untuk tahun ini, baru berhasil menggaet tiga benua, yaitu Asia, Afrika, dan Eropa," ujar Edy Utama, kurator, dalam sambutannya.

Pada acara pembukaan tersebut, turut tampil pertunjukan musik siswa SMA 2 Sawahlunto, "Sarumpun Padi." Setelah itu, diperkenalkan peserta SIMFes 2010 berdasarka latar belakang budaya dan tradisi musik yang mereka tampilkan. Penampilan masing-masing peserta mendapat apresiasi dari masyarakat dan undangan yang hadir.

Selanjutnya, ditampilkan pula pertunjukan dari grup Talago Buni, musik kontemporer Minangkabau, kolaborasi berbagai musik etnik (tradisi) di Sumatera Barat.  Dijadwalkan, hingga pukul 02.00 dini hari, masih akan ditampilkan pertunjukan musik tradisi Minangkabau, saluang dan dendang.

Selama dua hari ke depan, penonton akan disuguhkan penampilan menarik dari peserta SIMFes 2010, seperti Minangapentagong Jazzetnik (ISI Padangpanjang-Sumatera Barat), Kelompok Kreatif (FBS-UNP, Sumatera Barat), Togat Nusa (Mentawai), Talago Buni, Etnik Melaka (Malaysia), Keroncong Toegoe (Jakarta), Klaus de Geiger (Jerman), Sarangerel Tserevtsamba (Mongolia), Aly Keita (Afrika), Mohamad Faizal (Singapura). (*) 

original post disini

0 komentar:

Posting Komentar

lirik lagu minang TOKO UNIK SIMFes 2011

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More